Sabtu, 24 November 2012

"pulau bintan dan keindahannya"



Di kepualauan Riau terdapat beberapa pulau yang memiliki panorama alam yang menakjupkan, salah satunya adalah pualu Bintan, Pulau ini merupakan pulau terdekat dengan negara Singapore. Di pulau Bintan ini Anda bisa menemukan perpaduan dari dua budaya yaitu Singgapore dan Indonesia.

Pulau ini terdapat 2 pemerintahan, yaitu pemerintahan kota Tanjungpinang dan Pemerintah Kabupaten Bintan. Pulau ini letaknya berdekatan dengan Negara Singapura. Pulau Bintan adalah pulau terbesar yang terdapat di Kepulauan Riau. Masyarakat di kota ini hidup dari sektor pertambangan dan perdagangan. Namun ternyata pariwisata juga merupakan salah satu devisa terbesar di Pulau ini.

kebersamaan di pantai bintan
Pulau ini sendiri memiliki banyak daya pikat. Keindahan alam, salah satunya. Kemilau pasir putih, birunya air laut, dan rimbunnya pepohonan, merupakan perpaduan yang membuat Pulau Bintan begitu cantik.

Di utara Pulau Bintan , ada sebuah objek wisata yang disebut dengan Lagoi. Jangan lupa berkunjung ke tempat ini jika sedang berada di Pulau Bintan. Daerah Lagoi sangat nyaman karena memiliki keamanan yang maksimal. Jika anda pernah berkunjung ke Nusa Dua Bali, anda akan menemukan bahwa nuansa di Lagoi mirip dengan salah satu destinasi wisata di Bali tersebut. Disini anda bisa menemukan beberapa hotel mewah berbintang 5, tempat main golf, serta tempat spa dan relaksasi.
Tidak hanya bentang alammya yang indah, namun Objek wisata Pulau Bintan juga memiliki penduduk yang sangat ramah. Berbagai spot menarik bisa anda temukan di Lagoi, seperti Hutan Mangrove, Sungai Sebong, serta beberapa resor mewah. Lagoi memiliki pemandangan pantai yang cukup eksotis dengan deburan ombak yang akan menghilangkan kepenatan anda. Anda bisa mandi atau berenang di pantai ini atau snorkeling untuk menikmati keindahan bawah airnya. Jika sedang tidak ingin menyelam, anda bisa berjemur di pesisir pantai atau menyusuri garis pantai.
Jika di Indonesia kita biasanya memakai mata uang Rupiah, maka khusus di tempat ini lebih sering memakai mata uang Dollar Amerika atau Singapura. Itu karena kebanyakan wisatawan disini datang dari Singapura dan Malaysia.  Statistik menunjukkan bahwa ada sekitar 5 ribu orang yang bekerja di Lagoi. Mereka memiliki perkampungan khusus serta disediakan pasar untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Di pasar tersebut peraturannya sangat ketat, harga bahan makanan tidak boleh lebih tinggi daripada dari harga d Tanjung Pinang. Melihat dari lengkapnya sarana dan prasarana di tempat ini, tidak ubahnya seperti sebuah kota kecil. 
Di sebelah timur Pulau Bintan adalah sebuah pantai yang disebut dengan Pantai Trikora. Penyebutan pantai ini ada 2 versi, yang pertama mengatakan bahwa nama tersebut berasa dari "three corals", sedangkan yang lainnya menghubungkannya degan Tri Komando Rakyat yang merupakan salah satu cuplikan sejarah RI.
Jika Lagoi lebih banyak diisi oleh turis mancanegara, nah pantai Trikora merupakan destinasi untuk para wisatawan lokal. Fasilitas di tempat ini sangat berbeda dengan di Lagoi. Fasilitas di Trikora walaupun sederhana, namun nuansa keindahannya tetap tidak hilang.
Akses menuju pulau bintan ini, bila Anda menggunakan pesawat, Anda bisa turun di Bandara Hang Nadim,Batam. Bintan juga memiliki bandara yang lebih kecil di Kjang dengan beberapa penerbangan domestiknya. Kapal Fery adalah transpotasi utama untuk menuju pulau bintan dari Batam atau Singapura. 
 Nah, itu adalah beberapa gambaran  keindahan dari objek wisata Pulau Bintan tempat dimana saya dibesarkan. Bagi anda yang sedang merencanakan liburan di dalam Negeri, anda bisa memasukkan Pulau Bintan dalam daftar cek list wisata anda.

Happy journey in Bintan Island ^_^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar